Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan - Lidah Buaya atau yang akrab dengan sebutan aloevera. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki daun berdaging. Banyak sekali manfaat dari Lidah buaya ini untuk kesehatan tubuh kita. Lidah buaya memiliki banyak senyawa biologis yang aktif dan bagus untuk kita, seperti antrakuionon, mannas asetat, polymannas dan lektin. Tanaman yang mengandung lebih dari 200 senyawa ini berguna untuk pengobatan-pengobatan secara herbal.
Apa saja kandungan zat yang bermanfaat untuk kesehatan ini:

lidah buaya


Secara keseluruhan lidah buaya memiliki kurang lebih tujuh puluh lima macam zat yang terkandung dalamnya. Zat zat tersebut merupakan berbagai macam zat yang sangat baik untuk kesehatan. Zat zat yang terkandung dalam tanaman itu antara lain :
  • 1. Enzim membantu proses pencernaan dan radang
  • 2. Semua jenis vitamin hanya vitamin D yang tak di miliki oleh tanaman ini
  • 3. Mineral dalam pembentukan enzim
  • 4. Gula dengan rantai yang panjang
  • 5. Saponin atau anti mikroba
  • 5. 20 asam amino
Nah, dari beberapa kandungan zat diatas, Lidah buaya bisa kita manfaatkan juga untuk kesehatan. Zaman dulu, jauh sebelum era perkembangan teknologi yang saat ini semakin canggih, banyak orang yang menggunakan lidah buaya untuk media pengobatan. Dahulu lidah buaya dikenal sebagai salah satu obat untuk penyembuh luka yang mujarab, salah satunya adalah mengobati luka bakar, selain itu lidah buaya juga masih banyak memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya, diantaranya sebagai berikut:

Lidah Buaya  dapat mengobati Diabetes

Penderita diabetes juga sangat di sarankan untuk mengkonsumsi lidah buaya. Tanaman ini jika di konsumsi oleh penderita diabetes secara rutin selama empat belas minggu telah terbukti mampu mengurangi kandungan gula dalam darah hingga empat puluh lima persen. selain itu tanaman ini juga sangat baik dalam menyembuhkan gusi yang tidak sehat. bagi anda yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan mengkonsumsi tanaman ini juga sangat di anjurkan. Tanaman ini mampu melancarkan metabolisme dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan.


Zat anti oksidan yang dimiliki oleh lidah buaya juga sangat baik untuk menangkal serangan radikal bebas pada tubuh. Tanaman ini mampu menjadi tameng atau menjaga kekebalan tubuh kita jika di konsumsi secara tepat. Tak hanya untuk kekebalan tubuh, khasiat lidah buaya juga sangat baik bagi yang memiliki masalah kulit semacam jarawat. Selain itu untuk kecantikan dan kesehatan rambut juga sangat baik.

Khasiat lidah buaya yang lainnya juga bisa di gunakan sebagai obat ketombe dan melembabkan rambut sehingga terlihat berkilau dan sehat. manfaat lidah buaya sungguh sangat banyak dalam kehidupan sehari hari. Sayangnya masih jarang bagi masyarakat indonesia untuk mengkonsumsi tanaman ini secara rutin. khasiatnya yang sangat banyak tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan dna menjaga kesehatan. 
Latest
Previous
Next Post »