Pentingnya Mencuci Tangan Untuk Kesehatan

#MencuciTangan - Pentingnya Mencuci Tangan Untuk Kesehatan - Semenjak kecil, kita tentu sering diberitahu orang tua maupun guru kita agar rajin-rajin melakukan cuci tangan sebelum makan atau melakukan banyak aktifitas agar kita tidak mudah sakit. Kegiatan sederhana ini memang bisa menekan penyebaran penyakit dengan signifikan. 

Sebagai contoh, jika kita berada dalam bus dan berpegangan pada tiang, bisa jadi tiang tersebut baru saja dipegang seseorang yang sedang flu dan kerap menutup hidungnya saat bersin dengan tangan. Jika kita tidak mencuci tangan kita, maka penyakit tersebut pun bisa berpindah ke tubuh kita dengan mudah saat kita makan atau sekadar memegang mulut dan hidung. Selain flu, banyak penyakit berbahaya lainnya juga bisa menular melalui tangan anda sehingga kegiatan mencuci tangan tentu harus dilakukan dengan rutin.
Kapankah waktu terbaik untuk mencuci tangan? Banyak orang yang menyebut sebelum makan sebagai waktu paling krusial untuk mencuci tangan mengingat tangan tentu akan memegang makanan yang akan kita masukkan ke mulut. Tangan yang penuh dengan kuman dan bakteri tentu akan membuat makanan menjadi tercemar dan makanan tersebut akan kita konsumsi dan bisa menyebabkan penyakit. Selain itu, beberapa kegiatan harian layaknya setelah membuang sampah, setelah memegang hewan, atau bahkan sekadar setelah ke toilet adalah waktu-waktu paling penting untuk mencuci tangan.
Mencuci tangan juga sebaiknya dilakukan dengan sabun, bukan hanya dengan air biasa mengingat sabun tentu akan membersihkan banyak kuman dan bakteri dengan lebih signifikan jika dibandingkan dengan air saja. Saat mencuci tangan, gosokkan tangan satu sama lain hingga ke sela-sela dan ujung jari sehingga tidak ada sejengkalpun kuman dan bakteri yang bisa bebas berkembang di tangan kita. Setelah itu, keringkan tangan dengan tisu, lap, atau bahkan mesin pengering yang banyak tersedia di kamar mandi umum. Beberapa pakar kesehatan berkata bahwa mengeringkan tangan yang barus aja dicuci sebaiknya dengan tisu saja mengingat pengering tangan otomatis ternyata bisa menampung banyak bakteri yang membuat tangan anda menjadi tidak bersih lagi dari kuman dan bakteri. Tisu, khususnya yang anda bawa sendiri tentu akan lebih bersih sehingga anda pun bisa makan atau menyentuh wajah anda dengan lebih aman.
Previous
Next Post »