Manfaat Bawang untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Bawang Untuk Kesehatan - Bawang merupakan tumbuhan dari jenis umbi-umbian yang biasanya kita campurkan ke dalam bumbu masakan. Tentu, hampir semua jenis masakan yang kita makan menggunakan bawang sebagai rempah di bumbunya. Nah, mungkin ada yang belum mengetahui manfaat tersendiri daripada bawang ini untuk kesehatan.

Disisi lain bawang yang banyak kita temui sebagai bumbu dalam masakan, ternyata bisa kita manfaatkan sebagai obat anti alergi dan pengobatan penyakit lainnya. Salah satunya kita bisa manfaatkan untuk penyakit kulit.



Sudah lama sebenarnya mengenai hal ini, bawang sudah banyak dipakai oleh beberapa orang di Eropa sana untuk melawan wabah pada tahun 1900an. Penyembuhan Ayurveda sudah menggunakan tapal bawang untuk dada atau kaki guna menyembuhkan batuk, demam serta flu selama berabad-abad. selain itu, mereka juga memakai tapal bawang untuk mengurangi rasa sakit serta peradangan pada sendi. Para Dokter juga menggunakan metode ini untuk penyembuhan dari bawang untuk menyembuhkan dari virus penyakit.

Bawang merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan quercitin, flavonoid, serta antioksidan untuk menurunkan kolesterol, pembekuan darah, menangkal asma, bronkitis kronis, demam, aterosklerosis serta infeksi. Bahkan bawang juga bisa kita manfaatkan untuk mencegah kanker pada tubuh.

Dengan kita mengkonsumsi bawang secara rutin dan sesuai porsinya manfaat dapat kita rasakan untuk penyembuhan berbagai penyakit. Tapi, bagaimana jika bawang atau irisan bawang kita tempatkan didalam ruangan rumah kita?


Ada beberapa orangtua dizaman dulu masih percaya akan hal-hal yang berbau takhayul dengan menaruh bawang merah diatas pintu rumah, dengan alasan untuk melindungi rumah serta keluarganya dari masalah makhluk halus dan ilmu-ilmu hitam yang dilakukan oleh orang jahat. Tapi, dengan cara yang berbeda dan segi medisnya ternyata bawang sangatlah bermanfaat jika kita menaruh atau menyimpan didalam ruangan rumah.

Penasaran? mungkin anda bisa mencoba dengan beberapa butir bawang mreah, kemudian iris bawang tersebut dan masukan kedalam mangkok atau piring, setelah itu letakan irisan bawang tersebut didalam kamar. Tunggu hingga bebrapa jam dan rasakan udara dalam kamar akan terasa lebih bersih. Di negara Inggris, menyimpan irisan-irisan bawang dan meletakannya di bagian pojok-pojok ruangan sudah tidak asing lagi dilakukan oleh mereka. Hal ini semata-mata untuk memberikan pergantian udara yang lebih bersih serta menjauhkan dari virus yang bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit.

Nah, Jika kita dilanda flu, pilek ataupun demam, cobalah cara ini, dengan meletakan irisan bawang dengan kurang lebih setengah mangkok didalam kamar. Lalu, apakah harus dipotong bawang-bawang tersebut?
Benar, hal ini lantaran bau yang dikeluarkan oleh bawang tersebut terekspose yang berguna untuk menetralisir udara serta menyerap virus penyebab flu. Tapi, gantilah irisan bawang tersebut minimal 3 hari sekali.

Potongan bawang dapat juga dipakai untuk menghilangkan bau. Jadi, bila kamar mandi, gudang, atau garasi dirumah anda udaranya beraroma busuk, taruh potongan-potongan bawang disana. Bau bawang pada awalnya memanglah bakal tercium sangatlah menyengat, namun bau bawang yang menyengat itu bakal betul-betul bekerja. Lantaran bila menaruh bawang itu anda lakukan saat malam hari, jadi keesokan paginya bau busuk yang sebelumnya ada di ruang itu bakal hilang.





Previous
Next Post »